BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Tuesday, October 26, 2010

Hidup guru Indonesia....jadikan generasi yang lebih baik :)

Sekarang gue udah mulai menyadari kenapa guru bukanlah impian bagi kebanyakan orang, beda kayak dulu. See... dulu waktu jaman kita SD kebanyakan dari kita pingin jadi guru, tau kenapa??? Karena bagi anak SD guru mereka ibarat pahlawan mereka, mereka bener-bener ngerespect guru mereka.

Tapi seiring berjalannya waktu mereka semakin kehilangan pemikiran itu. Waktu kita SMP kita uda bisa mengutarakan pendapat karna kita memang diajarkan untuk itu di negara demokratis seperti ini. Perbedaan pemikiran ngebuat mereka ngerasa ga cocok di bidang guru, tapi mereka tetap respect banget ma guru mereka.

Kini waktu kita meranjak SMA, rasanya sifat demokratis sudah ga bisa kita terapkan. Kita harus menerima semua pemikiran yang guru cekokin buat kita. Bagaimanapun guru akan menang walopun kita tetap bersikeras menjelaskan semuanya. Bukan berarti guru egois, cuman mereka hanya tidak ingin merasa kalah dengan muridnya.

Hari ini gue baru aja ngedapetin masalah ma guru, kita panggil aja tu guru menir. Temen gue gendul ga bawak buku, akhirnya dia usaha minjem buku, pas si menir ngejelasin si gendul ini malah hah-heh-hah-heh aja kerjaannyamungin karena lagi saatnya weton kupinya ga berjalan, otomatis si menir ngejeplak “ eh dul ga bawak buku?”
“enggak pak” kata si gendul innocence
“wes ga bawak, klopa-klopo ae.” Kata menir nada biasa tapi bisa ngebuat manusia normal masuk ponten (menurut para ahli, biasanya manusia normal ngeluarin amarahnya dengan cara mengeluarkan kentut sebanyak-banyaknya, agar gas yang ada di dalam perut mereka tidak naik ke otak yang bisa menyebabkan kepalanya meletus dan pecah menjadi pecahan lollipop)
“ya ini lagi proses buat ngedapetin buku lagi pak.” kata gendul berusaha menahan kentutnya
“proses.e ae butuh watu 3 minggu, nilaimu kosong loo yoo iki.”
Sebagai teman sependeritaan yang punya problem sama yaitu harus-menahan-kentut gara-gara-buku-ilang gue ga’ terima, “loo pak, kita yang kemaren udah ngumpulin, buku kita ilang tuh gara-gara kita ngumpulin tu buku.” Ucap gue se kenanya dan pada saat itu gue bersikeras ga bakal ngumpulin tu buku sampe buku itu udah abis terisi.
“kamu juga ilang”
“iya pak”
“ooo cilik... pantesan protes....” (fakta pertama: biasanya orang seperti ini sedang meneangkan dirinya, dia mengucapkan kata kecil agar otaknya sadar kalo dia lagi berurusan sama anak keci, dan agar di objek sadar kalau dia hanya anak kecil)

Gue lepas kontrol, kentut gue udah masuk ke otak, oksigen terkontaminasi dengan kentut beracun akibat terlalu banyak menkonsumsi indomie yang mengandung pengawet bedak ketek, akibatnya omongan gue benadakan suara sinden yang dipasangin petasan tikus di kondenya. Entah sudah berapa banyak suku kata yang berhasil gue lemparkan. Tiba-tiba si menir bertuah

“maka dari itu pak...... tak potong loo ya nilaimu” gue baru sadar kalo gue baru mengucapkan kata ‘maka dari itu’, tapi gue ga amnesia kok kata 'maka dari itu' gue lontarkan sangar merdu seperti semut bercicit, lagi pula ‘maka dari itu’ bukan sebuah serangkaian kalimat yang mengandung arti nama-nama hewan di kebun binatang surabaya yang udah meninggal akibat di paksa jadi vegetarian dan memakan semua sayuran yang uda di kencingin sama penjaga parkirnya. Akhirnya gue diem, mencoba untuk menggalahkan diri (fakta kedua: biasanya orang yang mengancam ‘potong-nilai atau-potong-potong-yang-lainya-kecuali-potong-burung’ itu biasanya dia tidak bisa membuat si objek menerima pendapatnya, jadi harus bisa dengan segera dia menutup mulut si objek dengan tanpa tangan).

Pas menir uda keluar, gendul bercicit “mil... kita nih uda kelas 3, gimana-gimana guru bakal menang... ngalah napa, ancemannya tuh nilai.”

Gue menunjukan sikap ga terima, tapi tooh ada benernya... walopun gue ini berbangsa demokrasi dan berpartai demokrat, gue tetep harus ngalah, demokrasi gue ga bakal berjalan untuk situasi seperti ini. Tapi sejujurnya, gue ga marah ma tuh orang... bukan karena hati gue selembut softex, tapi karena gue ngerti penyebab tuh orang begitu. Gue wajar aja, menir tuh belom nikah, belom pernah merasakan mempunyai anak apalagi mendidik anak (weeeiiittt.... tapi bukan berarti gue sudah pernah melahirkan atau mendidik anak) dia itu lelaki tulen (inget: tulen=sejati, bukan tua-impoten) jadi wajar kentutnya masih belom stabil buat menghadapi kenakalan remaja era revormasi , ya... setidaknya di bandingin ma guru-guru yang sudah ahli daki-mendaki mereka lebih pengertian dan sabar.

See, kita nih ga butuh guru killer, paham yang biasanya guru anut ‘kejam lebih baik dari pada tidak dihargai’ sebenernya ga bakal pernah berjalan karena mereka hanya akan dihargai di depan, tapi di belakang, mereka akan dihadiahi sumpah sesampah dan ini lebih dari penghinaan diri.

Tapi bukan berarti kita butuh guru yang pengertian ( pengertian dalam presepsi pak mario teguh: pengertian itu tidak boleh menolak apa yang diinginkan subjek) lemah gemulai, lunglai tak berdaya, mereka mungkin merasa kalau mereka di cintai anak didiknya, tapi di belakang, mereka akan diperolok karena sikap mereka yang terlalu ‘nyah-nyoh’.

At the end, kita hanya butuh guru yang memahami kita, ga nge-judge kita gara-gara kesalahan, tau kan semua itu pasti ada penyebabnya, kalo seandainya penyebab itu bisa di terima tapi guru tetep harus ngerubah sikap murindnya, gue pikir guru-guru indonesia cuman perlu bersabda “nak... ibu tau penyebabmu ngelakuin itu, perbedaan pendapat boleh, tapi kadang tidak perlu ditunjukan atau diterapkan, kamu belajar untuk dewasa bukan?? So, belajarlah untuk tidak egois, demi kepentingan image kamu, image orang tuamu, dan image keseluruhan sekolah ini, ibu berharap kamu bisa menegakkan peraturan sekolah ini.” ( tapi dengan syarat kata ibu diganti jika yang ngomong bapak-bapak. Dan, segala reasonnya harus diucapkan dari mulut muridnya, jangan dari pantat muridnya karena artinya bisa berbeda). By the way... gue curcol sepanjang ini cuman berdasarkan pengamatan gue, perbedaan pendapat diperbolehkan tapi ga boleh memaksakan :)

Hidup guru Indonesia....jadikan generasi yang lebih baik

Thursday, October 21, 2010

mimpiku bukan hayalan

kenyataan pahit baru ajja aku rasanin....
gimana enggak sebuah mimpi dinanggap hanyalah hayalan....

"yah... ayah uda siap dengerin ceritaku?? aku mau kasih info..." kataku pada ayah yang baru pulang dari kerja.... harus ngegunaiin kata-kata yang ga enak supaya ayah ga marah marah. then, aku ngeluarin kertas selembaran NAFA Singapore dan CDU Amsterdam, Dutch.
" jadi gini yah... tadi aku abis kke agentnya, dia bilang kalo di NAFA we get 60% scholarship, jadi kita tinggal bayar about 40 juta per taun....."
"heh??? tinggal??" kata si mas jaid yang kejaanya keresekin took
"ya iya lah.. tinggal 40 juta dari 1000 juta.. see??" jawabku dongkol..."terus yah... kalo yang di dutch tuh dapet schoolarship 80% jadi sekitar 20 jutaan"... ayah mlongngo aja "terus lebih baik di dutch aja living costnya cuman 5 juta, dari pata di singapore 10 juta"
" mila... mas mu ajja cuman 8 juta, cari lah yang sesuai kemampuan ayah.... ayah tuh masih harus ngenanggung 2 mas mu lagi, bayangin aja, brapa? 5 kali 12 bulan brapa 60 juta di tambah biaya kuliahnya 20 juta brarti 80 juta... terus brapa banyak yang harus ayah sisihkan dari gaji ayah???"
prasaanku mulai melemah... kecil.... seharusnyya ayah tau... kalau aku juga bisa kerja part-time jadi guru musik drum ato buka makana rantangan.... huuuuaaaaahhhhhhhh
"itu bukan kemampuan ayah... cari aja lah yang sesuai, masih banyak tanggung yang ada di pundak ayah..." kata ayah pelan...
" lagi pula loo la... koen nang kene ae ga iso mandiri,ngono..."
"yo opo iso mandiri lek aku ga di uculno"
"bayangno yaa... kalo burung mao terbang itu ya harus bisa terbang dulu"
"bayangin ya, kalo ada anak kecil blajar jalan, dia harus di lepasin untuk jalan ndiri, kalo dia jatoh... biarin... ntar kan juga bangkit lagi"
mas jaid langsung kembali bersuara "wes ta la' kon iku oleh bermimpi... tapi ojo mimpi ke dukuren... tibone loro" (uda do la' kamu jangan mimpi terlalu tinggi jatohnya sakit) kata mas ku saat dia ngedapetin aku uda ngucurin air mata deras...
"ayah ga ngelarang kamu bermimpi, tapi ya yang realistis aja lahh" kata ayah...
mas jaid ngulaingin lagi perkataanya tapi aku langsung nyanggah " loo brarti koen ngebatasi aku bermimpi??"
"ga.. aku ga ngebatasi"
"lha kon mau ngomong mau ngomong, lek mimpi ojo duwur-duwur, brarti iku ngebatasi"
"ga.. aku ga..."
"weess lah... ga' ngerti sastra kon..." aku uda dongkol banget....
hening....
ayah diam ga mau suasana makin kacau, mas jaid pun diam... tau kalo advice yang dia kasih ga nembus otakku...

hmmm....
sakit bener hatiku..... waktu mereka bilang mimpiku hanyalah hayalan....
padahal pa mario aja bilang " ga papa bermimpi, asalkan mimpi kita sesuai dengan apa yang kita bisa lakukan".... see aku uda lakukan apa yang aku bisa, aku yakin bisa ngedapaetin scholarship bachelor design interior di amsterdam, tapi kenapa??? lagi-lagi nasip yang menentukan semuanya???
kalo gini gimana keluargaku bisa maju kalo ga ada yang ngebuat dobrakan??? semua akan sama aja....

aku berharap mendapatkan keajaiban....
berharap ada perusahaan interior yang mau ngebbiayain aku kuliah disana....
ato berharap ada keluarga yang mao nanggung biayanya :P
atoo kali aja ada pak mentri yang mau ngebiayain....
aminnnn :)

semoga pemerintah bisa ngebiayain anak yang bersemangat-punyakompeten-bisa ngeliat prospek-cerdas-baik hati-ramah tamah- rajin berdoa-ga baros-berbakti dengan orang tua seperti aku :)

aku pasti bisa ngebuat mimpiku bukan hayalan....
I'll make it come true!!!!
promise me

contoh-contoh jinayat

Tidak sengaja

- Yaitu pembunuhan yang tidak disengajakan sebagai contoh seseorang itu menembak binatang tetapi tertembak seseorang yang lain dan menyebabkan orang itu terbunuh.

Hukuman :-
Tidak dikenakan qisas (balas bunuh) tetapi dia kena diyat mukhafafah (denda yang ringan). Diyat itu dibayar oleh adik-beradik pembunuh dan bayarannya boleh ditangguhkan selama tiga tahun. -

Firman Allah s.w.t yang bermaksud :-

“Barang siapa yang membunuh seseorang yang beriman dengan tidak disengajakan maka hendaklah dia memerdekakan seorang hamba yang beriman serta membayar diyat (denda) kepada ahli yang terbunuh.”

(Surah An-Nisa’a – Ayat 92)
source: http://linkgar.wordpress.com/category/jinayat/

Definisi Qatlu Syibhi al-’Amd (Pembunuhan Mirip Sengaja)

Para ahli fikih mendefinisikan pembunuhan mirip disengaja ini dengan kesengajaan berbuat kejahatan kepada korban dengan cara atau alat yang umumnya tidak membunuh.

syibhu al-amd (pembunuhan yang mirip sengaja) ialah seorang mukalaf bermaksud membunuh orang yang terlindungi darahnya dengan cara dan alat yang biasanya tidak membunuh. Hal ini bisa jadi karena bermaksud mencelakakannya atau bermaksud menghajarnya, seperti memukul dengan cambuk, tongkat, batu kecil, atau dengan tangan, dan dengan seluruh cara atau alat yang tidak membunuh secara umumnya.

Jenis ini, dalam bahasa Arab, disebut juga amdul khatha dan khatha’ al-’amd, karena bersatunya kesengajaan dan ketidaksengajaan padanya.

Contoh Pembunuhan Mirip Sengaja

Di antara contoh pembunuhan mirip sengaja ini adalah seorang memukul orang lain di bagian yang tidak mematikan, dengan menggunakan cambuk atau tongkat, atau menonjok dan meninju dengan tangannya, di daerah yang tidak mematikan. Lalu, ternyata orang yang dipukul tersebut mati.

Dasar Penetapan Jenis Ini

Jenis ini diambil dari sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, di antaranya adalah hadits Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhu dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Ketahuilah bahwa diyat pembunuhan yang mirip dengan sengaja –yang dilakukan dengan cambuk dan tongkat– adalah seratus ekor unta. Di antaranya empat puluh ekor yang sedang hamil.”

Sengaja
Membunuh dengan sengaja. Yaitu seseorang yang bertujuan untuk membunuh dengan menggunakan sesuatu alat yang boleh membunuh atau mematikan seseorang.

Hukumannya :- – Pembunuhan wajib dibalas dengan bunuh juga (qisas) kecuali ahli waris yang terbunuh memaafkan dengan membayar diyat mughallazah (denda yang berat) ataupun dimaafkan tanpa membayar diyat(denda) –

Syarat wajib qisas :-

1) Islam
2) Tiada dimaafkan oleh ahli waris

WANITA HANYA SEONGGOK DAGING

jika orang tua mu adalah penjual...
dan lelaki adalah pembeli....
lalu kita apa?? kita adalah daging sapi!!!!

penjual memberi kita makan enak, merawat kita, dan membelindungi kita dari segala hal yang buruk,
hingga daging kita menjadi sebuah daging mahal dan hanya untuk pembeli yang berkualitas yang mempu membeli daging berkualitas, karna sesuatu yang baik pantas untuk sesuatu yang baik....
namun salah seorang sapi membangkan, dia memakan apa yang dia inginkan, buakan pa yang dia butuhkan...
dan kini sapi itu menjadi sebua daging yang tidak layak konsumsi....

masa untuk dikorbankan.....
peternak mengorbankan kita untuk para pembeli....
saya yang berkualitas di jual di supermarket besar, terbungkus rapi, terlindung aman, bauku pun selalu tercium segar dengan warna yang menggoda....
kamu yang membanggkang di jual di pasar kumuh.... di gantung-gantung bagai onggokan daging busuk... opppsss anda memang akan menjadi daging busuk, tak terlindung, bau, berwarna cerah... tapi warna itu bukan alami darimu, itu hanyalah make up, yang melapisinya.... dilapisi darah segar agar pembeli tidak mengetahui itu daging busuk.... karna apa??? karna penjual malu menawarkan daging yang tidak layak konsumsi.... dan hanya penjual yang yang tak punya otak yang berani menawarkan barang busuk kepada pembeli.... tapi tenanglah tak ada sesuatu hal yang tidak adil... karena, daging busuk itu hanya di beli oleh pembeli yang tak berkualitas, yang tak mampu mendapatkan sesuatu yang bekualitas....

saat-saat transaksi....
daging di supermarket hanya bisa dilihat, mereka tidak bisa merasakannya hingga kadang mereka takut untuk membeli.... tapi mereka tau, dengan membelinya dia akan merasakan kenikmatan yang orang lain belum pernah merasakan....mereka memilih milih.... hingga mereka mantap dengan pilihanya, pembeli membeli.... dan...hmmmm.... daging yang begitu kenyal, dengan bau yang segar dan warna menawan.... pembeli itu tak sabar melahapnnya, dia memeganya dan ia tau daging ini belum pernah terjamah siapapun.... dia mualai mencicipi satu gigitan.... nikmat.....dua gigitan....nikmat.....tiga gigitan ooohhhh sungguh nikmat.... hingga gigitan terakir...kenikmatannya sungguh terjaga....
di saat yang lain....
daging pasar mendapat calon pembeli, pembeli memegang megangnya katanya agar mereka ketahui kualitasnya.... padahal sesungguhnya semakin banyak tangan yang memegang daging itu... akan semakin cepat dia menjadi daging bussuk yang benar benar busuk.... penjual memberikan bualan-bualan agar pembeli tertarik, tapi toh si pembeli juga tau daging itu tak layang konsumsi, tapi bagai mana lagi....
pembeli itupun tak mampu untuk membeli yang berkualitas.... dan pembeli membelinya.... sampai dirumah dia mencicipinya... gigitan pertama nikmat, gigitas kedua....memualkan....gigitan ketiga pembeli melepehnya....dan daging itu di buang begitu saja menjadi yang amat sangat busuk.... dan memikat laler....


ini bukan puisi...
bukan cerita....
hanyalah sebuah bacaan yang didedikasikan untuk semua wanita yang tak ubahnya seonggokan daging....
tapi yang membedakan adalah....
bagiamana daging itu tumbuh....dan dimana daging itu akan menjalani masa-masanya....
daging memang diciptakan untuk dibeli....
tapi seharusnya kita menjadi daging yang berkualitas untuk pembeli yang berkualitas....
karna daging kita memang untuk di nikmati, bukan untuk dilepeh....
tapi saat dinikmati adalah ketika pembeli telah membelinya, bukan ketika pembeli memilihnya....

dan wanita...
jangan bangga ketika kalian kini diagungkan, karna suatu saat lelaki akan bosan dan membuang kalian...
dan itulah lelaki yang tidak berkualitas.....

ada hikmah di balik semua '13101

bisa jadi bukan sesuatu hal yang membahagiakan....

Tahun 2010,
Entahlah ada apa dengan tahun ini, yang pasti aku tidak berminat untuk merayakannya...
Sampai-sampai aku meng-hidden tanggal lahirku agar ulangtahunku tidak muncul di dalam birthday list Facebook. Tapi ternyata aplikasi facebook tetap saja menampilkannya.
Memang tidak seperti biasanya, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang ingin mendapatkan hadiah, kejutan atau sebagainya...
Sungguh kali ini aku memang tidak mengharapkan tanggal ini. 13-01.
Pukul 07.00
“Ayah...hari ini mila ulang tahun...Ayah nggak ucapin slamet ulang taun ta?” suara lembut halus dari mulut seorang ibu terucap.
“BUAT APA, AYAH G PERNAH MINTA KAMU BUAT UCAPIN ITU KE AYAH, LAGIAN ITU BUKAN BUDAYA ISLAM, TERSERAH KAMU MAU NGERAYAIN TAPI G USAH MINTA AYAH BUAT KAYAK GITU JUGA!!!”
Aku tidak membayangkan jika kata itu yang terucap darinya “MILA NGGAK MINTA DI UCAPIN KOK!!”
“LHA ITU, NGAPAIN KAMU NUNTUT DI UCAPIN!! SATU HAL YA, ISLAM NGGAK PERNAH MENYARANKAN UNTUK NGERAYAIN HAL ITU!!!”
Tak terasa air mata ini meleleh, entah bukan karena kata-kata ayah yang membentakku, aku sudah cukup terbiasa dengan nada tinggi seperti, mungkin aku cuman belum siap menerima sebuah akibat dari tindakan orang lain yang ternyata itu membuat orang lain memarahiku, tiba-tiba terbesit... memang kelahiran yang tidak di harapkan...ahhh, berlebihan....
Aku tak sanggup mendengarkan lebih banyak hal yang pasti Ia ucapkan, aku menghilang agar dia terpaksa diam.
Huhhh...
Aku ingin sekali mencoba tegar dan tak menampakaannya, tapi sulit... tak bisa terhenti, dadaku mulai terisak karena terlalu kuat menannya.
Masih terngiang kata-kata itu, seandainya kalau aku berani aku pasti berkata “ APA ISLAM MELARANG MENGUCAPKANNYA??” dan selanjutnya “APA AYAH AKAN RUGI KALAU AYAH NGUCAPIN ITU??” benar-benar mengusik pikiranku....
“bu...aku brangkat...” mencium tangan ibu...
Melewati ayah dan berpamitan pula dengannya....Assalammualaikum....
Aku tau ayah melihat mataku yang merah, dan dia pasti juga tau kalau itu akibat ulahnya.... aku segera mengeluarkan motorku dan menyusul irma...
“knapa mil?? Abis nangis tah??” tanya irma...
“enggak mataku pedih... sakit kayaknya...”
“yeek...mila nagisan...” tanda kalau irma memang tidak percaya. Aku membiarkan irma yang mengonceng, lagi pula memang seharusnya dia yang mengonceng...
Selama perjalanan otakku memang penuh atas insiden itu... tiba-tiba aku teringat ketika pertama dan satu-satunya perayaan ulang tahun yang pernah ku rasakan, waktu itu ayah g menemai entah kenapa yang pasti aku tahu seharusnya dia memang bisa datang.... dari keluargaku Cuma ibu dan mbakku ajja yang mauu menemai, lainnya?? Entahlah...mungkin kurang begitu menarik. Hatiku saat itu memang perih, tapi mudah terobati....
Kenapa ayah g pernah berpura-pura untuk bahagia sih??? Emang salah yah kalau berpura-pura buat kebahagiaan anaknya sendiri...kalau seandainya g mau ngucapin yo mbok setidaknya g usah pake acara bentak-bentak???
Itulah kenapa aku selalu gonta-ganti apa yang di sebut ‘hobi’ karena aku ngerasa belum dapet dukungan dari ayah.... belum pernah merasakan kebahagiaan ayah dari hobiku...
Ayah nggak pernah nampakin kekecewaannya pada anaknya, tapi ayah lebih g pernah nunjukin rasa bangganya kepada anaknya....setidaknya begitulah yang aku rasakan....itulah kenapa dalam doaku aku hanya berdoa ‘ya..Allah semoga aku bisa membahagiakan ibu’ karena aku sendiri g tau apa yang bisa ngebuat ayah senang, aku g bisa ngukur kapan ayah akan merasa senang.... jika seandainya aku teringat ayah aku cuman berucap ‘semoga aku bisa meringankan beban ayah’ karena aku tau aku g bakal bisa menolongnya atau membagahiakannya dengan cukup, tapi setidaknya aku berharap agar bebannya tidak bertambah....
Tak terasa sudah sampai parkiran sekolah, untung saat di jalan irma g ngajak aku ngomong...
Hmm...ulangan pertama Geografi, cuman itu yang bisa ngelupain aku dengan masalahku...saatnya masuk kelas.... “happy birthday mila...happy birthday mila...happy birthday..happy birthday..happybirtday mila....” nyanyian anak-anak serentak...belum pernah sebanyak ini yang ingat ulang tahunku..”traktiran...empel..demdemdem...traktiran empel...demdemdem...” hmm...aku kembali bteringat ayah...namun kali ini aku lebih tegar.... aku tau mereka semua just kidding... cuman mereka juga pasti ada rasa berharap too....secara traktiran dan gratisan memang sesuatu yang mngasyikkan...
Seusai pulang sekolah...
Alafta dan rinda ngajakin ngejus.... itu biasa kita lalukan....tapi yang ngebuat g biasa adalah mereka nyiapin kue tart...hmmm with green color...terenyuh...karena aku g bisa ngebalesin apa-apa...hahaha...kita bertiga sama-sama g suka kue tart... g taunya temen SMP’ku dari Bhayangkari nyapa...ya uda aku ajjak nimbrung dan aku kasih dia cukup banyak kue tart... tiba-tiba orang asing besar gemuk item bersama sang istri meminta jatah kue?? (wheh..who are they) tapi berhubung kita memang sangat baik hati...aku memberi....banyak...
hmmm
Aku g bisa menjanjikan apa-apa...tidak seperti taun-taun lalu....kini aku krisis.... dan sekali lagi itulah yang melandasi rasa marah ayah pagi ini... sebenarnya bukan soal ngucapin ultahnya...tapi lebih kepada apa yang bakalan terjadi setelah ucapan itu....bisa jadi ayah memunculkan amarah karena menghindari dari ucapan ‘minta hadiah’ .... yeah...sadar, terralu banyak yang aku tuntutkan kepada ayah....drum...mahal, dan aku ingin itu segera....mungkin ayah g mau dengar itu... ayah juga sedih ketika g bisa nurutin keinginan anaknya....tapi aku juga punyak perasaan....aku memang memaksakan tapi itu g harus terpenuhi sekarang kan? Aku mau nunggu...sebenernya....tapi yang ngebuat aku g bisa lakuin itu karna ayah yang selalu g tepat janji... sebab ayah terlalu banyak berjanji.... karena ayah g mau anaknya kecewa sama ayahnya....
Jadi, teman....maafkan aku tak bisa memberikan apa yang semestinya diberikan....
Jadi, teman...kamu akan jadi orang tua...
Berpura-puralah untuk kebahagiaan anakmu.....dengan sikap bahagia dan banggamu itu semakin membuatnya terdukung dan ingin melakukan yang lebih...
Berpura-pura bukan berarti mengumbar janji... kamu harus jujur atas ketidak mampuanmu...atau paling nggak kamu bisa bilang “ ok...ayah turutin...tapi ayah g tau kapan bisa memenuhinya” anakmu pasti kecewa tapi dia tidak akan sekecewa menunggu janjimu yang ternyata kamu g bisa memenuhinya.... bisa jadi dia akan menganti permintaanya dengan sesuatu yang lebih ringan...
Memberikan pengertian tentang apa yangg seharusnya tidak dia lakukan bukan dengan membentaknya dan menekannya...karena itu semakin membuat dia mencari cara untuk merubah pendapatmu...bukan memahami pendapatmu...
Jadilah orang tua yang tahu kapan ia salah dan minta maaf...
Orang tua juga manusia punya salah dan tidak selalu benar...jadi apa salahnya mengakui kesalahanmu....anakmu tidak akan pernah berfikir kalau kamu seseorang yang bersalah, tapi itu membuat dia merasakan betapa beraninya orang tuanya....

Semoga orang tua kita bisa menjadi apa yang kita harapkan....