BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Tuesday, October 26, 2010

Hidup guru Indonesia....jadikan generasi yang lebih baik :)

Sekarang gue udah mulai menyadari kenapa guru bukanlah impian bagi kebanyakan orang, beda kayak dulu. See... dulu waktu jaman kita SD kebanyakan dari kita pingin jadi guru, tau kenapa??? Karena bagi anak SD guru mereka ibarat pahlawan mereka, mereka bener-bener ngerespect guru mereka.

Tapi seiring berjalannya waktu mereka semakin kehilangan pemikiran itu. Waktu kita SMP kita uda bisa mengutarakan pendapat karna kita memang diajarkan untuk itu di negara demokratis seperti ini. Perbedaan pemikiran ngebuat mereka ngerasa ga cocok di bidang guru, tapi mereka tetap respect banget ma guru mereka.

Kini waktu kita meranjak SMA, rasanya sifat demokratis sudah ga bisa kita terapkan. Kita harus menerima semua pemikiran yang guru cekokin buat kita. Bagaimanapun guru akan menang walopun kita tetap bersikeras menjelaskan semuanya. Bukan berarti guru egois, cuman mereka hanya tidak ingin merasa kalah dengan muridnya.

Hari ini gue baru aja ngedapetin masalah ma guru, kita panggil aja tu guru menir. Temen gue gendul ga bawak buku, akhirnya dia usaha minjem buku, pas si menir ngejelasin si gendul ini malah hah-heh-hah-heh aja kerjaannyamungin karena lagi saatnya weton kupinya ga berjalan, otomatis si menir ngejeplak “ eh dul ga bawak buku?”
“enggak pak” kata si gendul innocence
“wes ga bawak, klopa-klopo ae.” Kata menir nada biasa tapi bisa ngebuat manusia normal masuk ponten (menurut para ahli, biasanya manusia normal ngeluarin amarahnya dengan cara mengeluarkan kentut sebanyak-banyaknya, agar gas yang ada di dalam perut mereka tidak naik ke otak yang bisa menyebabkan kepalanya meletus dan pecah menjadi pecahan lollipop)
“ya ini lagi proses buat ngedapetin buku lagi pak.” kata gendul berusaha menahan kentutnya
“proses.e ae butuh watu 3 minggu, nilaimu kosong loo yoo iki.”
Sebagai teman sependeritaan yang punya problem sama yaitu harus-menahan-kentut gara-gara-buku-ilang gue ga’ terima, “loo pak, kita yang kemaren udah ngumpulin, buku kita ilang tuh gara-gara kita ngumpulin tu buku.” Ucap gue se kenanya dan pada saat itu gue bersikeras ga bakal ngumpulin tu buku sampe buku itu udah abis terisi.
“kamu juga ilang”
“iya pak”
“ooo cilik... pantesan protes....” (fakta pertama: biasanya orang seperti ini sedang meneangkan dirinya, dia mengucapkan kata kecil agar otaknya sadar kalo dia lagi berurusan sama anak keci, dan agar di objek sadar kalau dia hanya anak kecil)

Gue lepas kontrol, kentut gue udah masuk ke otak, oksigen terkontaminasi dengan kentut beracun akibat terlalu banyak menkonsumsi indomie yang mengandung pengawet bedak ketek, akibatnya omongan gue benadakan suara sinden yang dipasangin petasan tikus di kondenya. Entah sudah berapa banyak suku kata yang berhasil gue lemparkan. Tiba-tiba si menir bertuah

“maka dari itu pak...... tak potong loo ya nilaimu” gue baru sadar kalo gue baru mengucapkan kata ‘maka dari itu’, tapi gue ga amnesia kok kata 'maka dari itu' gue lontarkan sangar merdu seperti semut bercicit, lagi pula ‘maka dari itu’ bukan sebuah serangkaian kalimat yang mengandung arti nama-nama hewan di kebun binatang surabaya yang udah meninggal akibat di paksa jadi vegetarian dan memakan semua sayuran yang uda di kencingin sama penjaga parkirnya. Akhirnya gue diem, mencoba untuk menggalahkan diri (fakta kedua: biasanya orang yang mengancam ‘potong-nilai atau-potong-potong-yang-lainya-kecuali-potong-burung’ itu biasanya dia tidak bisa membuat si objek menerima pendapatnya, jadi harus bisa dengan segera dia menutup mulut si objek dengan tanpa tangan).

Pas menir uda keluar, gendul bercicit “mil... kita nih uda kelas 3, gimana-gimana guru bakal menang... ngalah napa, ancemannya tuh nilai.”

Gue menunjukan sikap ga terima, tapi tooh ada benernya... walopun gue ini berbangsa demokrasi dan berpartai demokrat, gue tetep harus ngalah, demokrasi gue ga bakal berjalan untuk situasi seperti ini. Tapi sejujurnya, gue ga marah ma tuh orang... bukan karena hati gue selembut softex, tapi karena gue ngerti penyebab tuh orang begitu. Gue wajar aja, menir tuh belom nikah, belom pernah merasakan mempunyai anak apalagi mendidik anak (weeeiiittt.... tapi bukan berarti gue sudah pernah melahirkan atau mendidik anak) dia itu lelaki tulen (inget: tulen=sejati, bukan tua-impoten) jadi wajar kentutnya masih belom stabil buat menghadapi kenakalan remaja era revormasi , ya... setidaknya di bandingin ma guru-guru yang sudah ahli daki-mendaki mereka lebih pengertian dan sabar.

See, kita nih ga butuh guru killer, paham yang biasanya guru anut ‘kejam lebih baik dari pada tidak dihargai’ sebenernya ga bakal pernah berjalan karena mereka hanya akan dihargai di depan, tapi di belakang, mereka akan dihadiahi sumpah sesampah dan ini lebih dari penghinaan diri.

Tapi bukan berarti kita butuh guru yang pengertian ( pengertian dalam presepsi pak mario teguh: pengertian itu tidak boleh menolak apa yang diinginkan subjek) lemah gemulai, lunglai tak berdaya, mereka mungkin merasa kalau mereka di cintai anak didiknya, tapi di belakang, mereka akan diperolok karena sikap mereka yang terlalu ‘nyah-nyoh’.

At the end, kita hanya butuh guru yang memahami kita, ga nge-judge kita gara-gara kesalahan, tau kan semua itu pasti ada penyebabnya, kalo seandainya penyebab itu bisa di terima tapi guru tetep harus ngerubah sikap murindnya, gue pikir guru-guru indonesia cuman perlu bersabda “nak... ibu tau penyebabmu ngelakuin itu, perbedaan pendapat boleh, tapi kadang tidak perlu ditunjukan atau diterapkan, kamu belajar untuk dewasa bukan?? So, belajarlah untuk tidak egois, demi kepentingan image kamu, image orang tuamu, dan image keseluruhan sekolah ini, ibu berharap kamu bisa menegakkan peraturan sekolah ini.” ( tapi dengan syarat kata ibu diganti jika yang ngomong bapak-bapak. Dan, segala reasonnya harus diucapkan dari mulut muridnya, jangan dari pantat muridnya karena artinya bisa berbeda). By the way... gue curcol sepanjang ini cuman berdasarkan pengamatan gue, perbedaan pendapat diperbolehkan tapi ga boleh memaksakan :)

Hidup guru Indonesia....jadikan generasi yang lebih baik

0 comments: